DINASTI WARMADEWA | Pendiri dan Kejayaan Wangsa Warmadewa

 DINASTI WARMADEWA

PENDIRI DAN KEJAYAAN WANGSA WARMADEWA



      

 

  Wangsa (dinasti) Warmadewa adalah keluarga bangsawan yang pernah berkuasa di pulau bali, Dinasti ini didirikan oleh Sri Kesari Warmadewa. Menurut riwayat lisan turun-temurun, yang berkuasa sejak abad ke-10. Namanya disebut-sebut dalam prasasti Blanjong di Sanur dan menjadikannya sebagai raja Bali pertama yang disebut dalam catatan tertulis. Menurut prasasti ini, Sri Kesari adalah penganut Buddha Mahayana yang ditugaskan dari Jawa untuk memerintah Bali. Dinasti inilah yang memiliki hubungan dekat dengan penguasa Kerajaan Medang periode Jawa Timur pada abad ke-10 hingga ke-11.

Salah satu Dinasti kerajaan yang terbesar di Kepulauan Nusantara dan semenanjung Asia Tenggara adalah Dinasti Warman atau Warmadewa. Warmadewa berasal dari bahasa Sansekerta secara umum berarti berarti Dewa Pelindung atau Dilindungi Dewa. Raja-Raja dari Dinasti Warmadewa ini awalnya berasal dari India (kerajaan Pallawa) 3, muncul kemudian menyebar ke Nusantara dan ke wilayah Asia Tenggara sejak abad ke-5 Masehi, mendirikan dan menguasai banyak kerajaan, seperti Kaundhiya, pengikut ajaran Maharsi Agastya, mendirikan Dinasti Warmadewa di Funan (Kamboja sekarang), kemudian kerabatnya yang lainnya bernama Kudungga, pada periode yang sama mendirikan Dinasti Warmadewa di Kerajaan Kutai atau Poli di Kalimantan Timur. 

Puncak kejayaan dinasti Warmadewa adalah saat masa pemerintahan Sri Udayana. beliau mempersunting putri dari Jawa Timur yaitu Mahendradatta. Udayana dan mahendradatta mendatangi pendeta besar yaitu Mpu Kuturan untuk melakukan reformasi terhadap agama Hindu dgn menyatukan 9 sekte di bali menjadi Trimukti dan nama agama disepakati oleh agama Siwa-buddha.

 

 

    

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini